Memperbaiki Kemampuan Membaca
Ketika kita membaca, mata kita akan membuat gerakan-gerakan untuk menangkap apa yang tertulis dalam halaman-halaman bacaan. Agar bacaan kita makin cepat, bukan dengan mempercepat gerakan mata kita, namun memperbanyak cakupan yang ditangkap mata dalam sekali gerakan.
1. Hindari memfokuskan pada masing-masing kata, tapi bagilah menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 kata. Contohnya, kalimat ini bisa dikelompokkan dengan cara ini : contohnya / kalimat ini / bisa dikelompokkan / dengan cara ini. Hal ini berbanding terbalik ketika kamu mengetik, di mana kamu harus membagi kata-kata menjadi huruf-huruf agar dapat mengetik lebih cepat.
2. Perbaiki kosakata kamu, biasakan mengenali berbagai kata baru supaya kamu tidak terhenti memikirkan arti kata-kata tertentu.
3. Kalau bibir kamu bergerak-gerak saat membaca, artinya langkah ke-1 belum kamu ikuti. Kalau sudah diikuti dengan benar, bibir kamu tidak akan sempat mengeja kata-kata itu.
4. Baca terus! Biasakan membaca berbagai buku, setiap hari, dengan demikian kamu akan terbiasa membaca dengan cepat.
5. Tentukan tujuan membaca. Kalau memang cuma perlu intinya saja, buat apa dibaca kata per kata.
6. Berlatih membaca cepat, lebih dari kemampuan kamu sendiri. Paksakan diri membaca sangat cepat, sekadar membiasakan diri. Setelah sering melakukannya, kecepatan membaca normal kamu akan meningkat.
7. Konsentrasi. Kalau susah, belajarlah konsentrasi secara bertahap, tambahkan waktu membaca setiap hari.
8. Kamu bisa beli buku untuk mempercepat membaca, di sana ada langkah-langkah sistematis yang kalau diikuti bisa memperbaiki kecepatan membaca kamu.