“Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia”

Dari ungkapan yang disampaikan oleh Prof  Daud Yusuf  (salah satu mentri pendidikan di zaman orde baru) tentunya kita dapat mengambilmakna bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan. Sudah nyata ahwa pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Tentunya kita menginginkan bangsa kita menjadi bangsa yang maju dan mampu bersaing dengbangsa- bangsa lain di dunia. Langkah pertama yang harus kita perhatikan adalah sejauh mana bangsa ini serius dalam memperbaiki kualitas pendidikamasyarakat. Sudah menjadi alasan yang kuat bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki masyarakat yang unggul sumberdaya manusianya baik secara intelektual, spiritual maupun skill. Kita bisa melihat bahwa beberapa negara maju di dunia memiliki tingkat pendidikan yang yang lebih baik dibandingkan negera – negara maju maupun berkembang lainnya.

Didalam UU No.20/2003 tentang sistem pendidikan Nasional,  “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, banga dan negara”

Namun satu pertanyaan,  sudahkah makna pendidikan yang tercantum di atas sudah terealisasi dalam kehidupan bangsa dan negara kita ?

INFORMASI BEASISWA

1.  Australian Development Scholarship