analisis probit mulai diperkenalkan oleh Chester Ittner Bliss (1899-1979) pada tahun 1934 dalam sebuah artikel Science tentang bagaimana mengolah data persentase pengaruh pestisida terhadap hama. Sebagai unit persentase tewas dikenal dengan istilah “probabilitas unit” (atau “probit”).

Langkah pertama adalah buka program MINITAB 14. Pada tampilan akan terdapat dua bagian yaitu ‘Session’ di bagian atas dan ‘Worksheet’ pada bagian bawahnya. Bagian worksheet terdiri dari kolom-kolom C1, C2, C3… dst, serta baris 1,2,3,…dan seterusnya.

Langkah selanjutnya memasukan angka ke dalam worksheet:

  • Untuk memudahkan dalam proses input data dan menerjemahkn data beri keterangan di bawah kolom C1, C2, C3, C4 masing masing dengan Mortalitas, Konsentrasi, Ulangan, dan n seperti yang saya tuliskan di bawah ini :

C1

dalam

C3

C4

Mortalitas

Konsentrasi

Ulangan

n

1

2

  • Bila anda menggunakan data BSLT maka isi Kolom ‘Mortalitas’ (C1) dengan jumlah larva yang mati setelah diberikan perlakuan pada konsentrasi dan ulangannya.
  • Kolom ‘Konsentrasi’ (C2) diisi dengan mengurutkan data konsentrasi. Sebaiknya data konsentrasi diisi dari konsentasi rendah sampai tinggi untuk setiap ulangannya.
  • Kolom ‘Ulangan’ (C3) diisi sesuai dengan ulangan ke-n data tersebut.
  • Kolom ‘n’ (C4) diisi dengan jumlah larva pada setiap perlakuan

Misalnya dilakukan percobaan dengan perlakuan menggunakan konsentrasi 10, 100, 500, dan 1000 ppm, dengan 3 ulangan (missal U1, U2 dan U3), jumlah larva pada setiap perlakuan 10 ekor, dihasilkan data jumlah larva mati. Maka akan diperoleh input data sebgai berikut :

Setelah data selesai dimasukkan selanjutnya buka aplikasi ‘Probit Analysis’ dengan klik panel ‘Stat’ kemudian klik ‘Reliability/Survival’ kemudian klik ‘Probit Analysis’, sehingga akan muncul tampilan Probit Analysis. Masukan “number of events” dengan data mortalitas, terus “number of trials” nya diisi data n, stress (stimulus) diisi konsentrasi.

Klik panel ‘Estimate’ pada pojok kanan atas dan akan muncul tampilan Estimate. Pada tampilan ini bagian ‘Estimate percentile for these additional percents’ diisi dengan 50, pada ‘Confidence intervals’ pilih “fiducial”, kemudian isi ‘Confidence level’ sesuai dengan tingkat kepercayaan yang diinginkan, misalnya untuk tingkat kepercayaan 95% maka ketik 95,0. Pada bagian ‘Confidence Interval’ di bawahnya pilih “two-sided”. Selebihnya bagian yang lain dikosongkan saja kemudian klik ‘OK’

Untuk memilih grafik yang diinginkan klik panel ‘Graphs’ pada tampilan Probit Analysis dan pilih jenis grafik yang diinginkan

Sebagai contoh untuk data di atas tampilan data statistik pada ‘Session’ hasil operasi dengan Probit Analysis  adalah sbb

Probability Plot for Mortalitas

  Parametric Survival Plot for Mortalitas

 Angka yang tercetak merah merupakan nilai konsentrasi LD-50