Menentukan LD 50 (Analisis Probit)

analisis probit mulai diperkenalkan oleh Chester Ittner Bliss (1899-1979) pada tahun 1934 dalam sebuah artikel Science tentang bagaimana mengolah data persentase pengaruh pestisida terhadap hama. Sebagai unit persentase tewas dikenal dengan istilah “probabilitas unit” (atau “probit”).

Langkah pertama adalah buka program MINITAB 14. Pada tampilan akan terdapat dua bagian yaitu ‘Session’ di bagian atas dan ‘Worksheet’ pada bagian bawahnya. Bagian worksheet terdiri dari kolom-kolom C1, C2, C3… dst, serta baris 1,2,3,…dan seterusnya.

Langkah selanjutnya memasukan angka ke dalam worksheet:

  • Untuk memudahkan dalam proses input data dan menerjemahkn data beri keterangan di bawah kolom C1, C2, C3, C4 masing masing dengan Mortalitas, Konsentrasi, Ulangan, dan n seperti yang saya tuliskan di bawah ini :

C1

dalam

C3

C4

Mortalitas

Konsentrasi

Ulangan

n

1

2

  • Bila anda menggunakan data BSLT maka isi Kolom ‘Mortalitas’ (C1) dengan jumlah larva yang mati setelah diberikan perlakuan pada konsentrasi dan ulangannya.
  • Kolom ‘Konsentrasi’ (C2) diisi dengan mengurutkan data konsentrasi. Sebaiknya data konsentrasi diisi dari konsentasi rendah sampai tinggi untuk setiap ulangannya.
  • Kolom ‘Ulangan’ (C3) diisi sesuai dengan ulangan ke-n data tersebut.
  • Kolom ‘n’ (C4) diisi dengan jumlah larva pada setiap perlakuan

Misalnya dilakukan percobaan dengan perlakuan menggunakan konsentrasi 10, 100, 500, dan 1000 ppm, dengan 3 ulangan (missal U1, U2 dan U3), jumlah larva pada setiap perlakuan 10 ekor, dihasilkan data jumlah larva mati. Maka akan diperoleh input data sebgai berikut :

Setelah data selesai dimasukkan selanjutnya buka aplikasi ‘Probit Analysis’ dengan klik panel ‘Stat’ kemudian klik ‘Reliability/Survival’ kemudian klik ‘Probit Analysis’, sehingga akan muncul tampilan Probit Analysis. Masukan “number of events” dengan data mortalitas, terus “number of trials” nya diisi data n, stress (stimulus) diisi konsentrasi.

Klik panel ‘Estimate’ pada pojok kanan atas dan akan muncul tampilan Estimate. Pada tampilan ini bagian ‘Estimate percentile for these additional percents’ diisi dengan 50, pada ‘Confidence intervals’ pilih “fiducial”, kemudian isi ‘Confidence level’ sesuai dengan tingkat kepercayaan yang diinginkan, misalnya untuk tingkat kepercayaan 95% maka ketik 95,0. Pada bagian ‘Confidence Interval’ di bawahnya pilih “two-sided”. Selebihnya bagian yang lain dikosongkan saja kemudian klik ‘OK’

Untuk memilih grafik yang diinginkan klik panel ‘Graphs’ pada tampilan Probit Analysis dan pilih jenis grafik yang diinginkan

Sebagai contoh untuk data di atas tampilan data statistik pada ‘Session’ hasil operasi dengan Probit Analysis  adalah sbb

Probability Plot for Mortalitas

  Parametric Survival Plot for Mortalitas

 Angka yang tercetak merah merupakan nilai konsentrasi LD-50

59 thoughts on “Menentukan LD 50 (Analisis Probit)”

  1. mas,, saya udah ikutin,, kata mas dikosongin aja,, tp ga bisa,, input2 datanya yg udah kita buat itu gmna? mohon bantuannya

    Like

  2. terima kasih mas, insya Allah bermanfaat untuk penelitian saya
    mb aldilla, saya tadi coba input “number of events” dengan data mortalitas, terus “number of trials” nya diisi data n, stress (stimulus) diisi konsentrasi.
    sudah saya cek 1/1 hasilnya sama dgn yg ada di blog ini..

    Like

  3. mas,,sepertinya tidak sulit ya untuk mngolah data penelitian menggunakan probit ini..
    saya juga sedang mengolah data penelitian tentang mortalitas larva nyamuk mas,,
    saya hanya punya program SPSS 16.0 mas dan tidak punya program MINITAB 14 seperti yg mas sebutkan di atas,,
    apa bisa juga mengolah data dgn hanya menggunakan SPSS mas?? maksud saya mengolah data yg juga menggunakan probit tp dg program SPSS mas..
    trmksh ats jwbnnya mas..

    Like

  4. blh minta sumber penulsanx g?!^^

    Dan untuk programx itu download sndri. bgaimana??!”
    trmksh ats jwbnx…

    Like

      1. Aslkum wr wb mas..
        Boleh kirim link dowload program probitnya gak mas? sudah saya search gak ketemu2 mas.

        Like

    1. Apabila kontrol mati semua berarti data yang kita peroleh akan menjadi bias, tujuan kita menghadirkan kontrol kan sebenarnya sebagai konfirmasi bahwa perlakuan yang kita rancang berpengaruh terhadap objek percobaan. sehingga kalau kontrol nya mati diduga ada faktor lain selain perlakuan yang berpengaruh terhadap percobaan yang kita buat. Menurut saya dipelajari kembali prosedurnya bandingkan dengan yang terjadi dilapangan dan mengulang kembali dengan segala perbaikan teknik dalam percobaan hasil analisis sebelumnya.

      Like

  5. aslmkum..
    kak mau tanya, tami uda ikutin cara semua di atas, tapi di hasil nya yang “Distribution : weibull” punya tami “distribution : normal” itu maksudnya apa kak?
    syukron kak

    Like

    1. distribution nurmal itu data kita terdistribusi secara normal, sebelum kita mengolah data, usahakan data yang kita punya berada dalam asumsi normal, tidak ada outliyer atau pencilannya.

      Like

  6. Mohon tanggapannya.. saya mengalami beberapa kesulitan.
    1. Bagaimana cara mentransformasi data jika seandainya nilai p pada analisis probit di atas 0.05?
    2. Bagaimana caranya mencari LC50 pada rancangan faktorial 4×4 di minitab? Karena analisis probit di minitab hanya dapat dimanfaatkan untuk mencari LC50 dari 1 faktor aja…
    terima kasih…

    Like

    1. Salam Kenal mas Ketut, untuk melakukan transformasi data sebaiknya mas melakukan uji normalitas terhadap data awal terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam analisis probit. Analisis probit menggunakan data hasil transformasi. Saya belum pernah menggunakan minitab 4 faktor mas, sudah saya coba namun belum berhasil. Mohon maav belum bisa membantu.

      Like

  7. mas, saya ingin bertanya kalo untuk mengetahui nilai Standar deviasi dari nilai LC 50 bgmn ya? terima kasih

    Like

    1. Pengalaman saya standar deviasi tidak digunakan untuk menentukan LC50, kisaran konsentrasi biasanya menggunakan nilai konsentrasi antara LC20 dengan LC50. Penggunaan standar deviasi biasanya digunakan pada dta rataan pengamatan yang kita lakukan.

      Like

  8. Asslamualaikum mas, saya bingung neh, udah ikutin semua caranya, hasilnya LD dibawah 50 semua minus.
    apakah number of event sama dengan number of succes?
    apakah mas bisa tolong mengolah data saya?
    trims…

    Like

  9. mas mau nanya untuk nampilkan persamaan regresinya pada grafik gmn ya. Saya coba cari trendline nya ga ketemu. Data yang mas buat itu kan Y=0,612x-2,635 nah jika kita mo tampilkan di grafik rumusnya gmn ya mas

    Like

  10. misi mas
    saya kok ga bisa masukkan data konsentrasinya ya saat udah masuk ke probitnya
    apakah ada yg salah ?

    Like

  11. Misi mas
    Untuk analisis log probit LD50 dan LD90 datanya diasumsikan berdistribusi normal, lognormal atau logistik? Dan kenapa?

    Like

  12. mas, saya ingin bertanya apakah minitab bisa menghitung LT50 dan LT95? dengan konsentrasi sama tapi waktu pengamatan berbeda. apakah langkahnya sama dengan menghitung LD50?trims

    Like

      1. Bukan mas mungkin maksud mba Lisa Lethal Time nya mas. waktu yang dibutuhkan untuk membunuh sekian persen hewan uji dengan konsenterasi yang sama, bisa atau nggak.
        begitu kurang lebih. iyakah mba?

        Like

  13. Boleh nanya tdk knp LC50 hrs dihitung menggunakan log probit? Tdk lgsg dr jumlah kematian sj. Apa alasannya ya? Mksh

    Like

  14. Mau nanya. Knp ya LC50 tdk dihitung dr jumlah kematian sj. Knp hrs menggunakan log probit? Apa alasannya? Trims

    Like

  15. Pada prinsipnya sama saja mas Radit bila LD mengacunya pada dosis tertentu yang dinyatakan dalam miligram berat bahan uji per kilogram berat badan (BB) hewan uji, sedangkan LC mengacu pada konsentrasi yang digunakan. Semuanya diukur saat respon kematian pada populasi hewan uji dalam jangka waktu tertentu mencapai 50%

    Like

    1. perhitungan LD 50 itu menunjukan setengah dari populasi mengalami kematian. tergantung tujuan awalnya Mas Dian.. Ada juga yang mencari di luar nilai 50.

      Like

  16. assalamualaikum mas, sy org awam masalah statistik, apesnya hasil penelitian saya diolah pake anlysis probit, bener kata mas obel programnya dicari cari gak dapat dapat. jadi boleh minta link download program probitnya mas?

    Like

    1. Waalaikum salam. Semoga penelitian Mba berjalan dengan lancar. Saya memperoleh software nya dari teman, untuk link downloadnya saya tidak mengetahuinya mba.

      Like

  17. mas mau tanya kalau data saya ada dua faktor yaitu ada konsentrasi dan waktu itu bagaimana ya? terimakasih

    Like

  18. Maaf mas mau nanya. Makna/ interpretasi dari interval LC50 dengan LC90 nya jauh apa ya? apa ada makna tertentu atau bagaimana sama data kita?

    Like

  19. assalamu’alaikum kak, mau tanya kalau hasil LC50 dan LC90 nya ada minus di depan angka nya contohnya -57,8946, itu maksud dan interpretasinya gimana ya.

    mohon bantuannya kak.
    Terimakasih

    Like

Leave a comment