Siapakah guru ideal ???

Sebelum kita bicara guru ideal terlebih dahulu kita harus mengetahui apakah kita sudah termasuk ke dalam guru yang dicintai oleh anak didik kita masing-masing? Kita selalu berusaha menjadi seseorang yang dicintai tapi kita lupa apakah kita sudah merasa mencintai anak didik kita? tentunya kita tidak bisa dicintai oleh siswa-siswa kita tanpa mencintai terlebih dahulu. Bukanlah mencintai adalah menuntut adanya tindakan ? dengan kata lain kita bisa dicintai karena kita mencintai terlebih dahulu.. tanpa itu jangankan menjadi sosok guru ideal sosok guru yang dicintai anak didiknya pun kita tak mampu.

Dalam sebuah referensi disebutkan bahwa guru yang ideal adalah kreatif, loving, cool, adil, wibawa, make thing easy, apresiatif, terbuka, sabar, bekerja dengan hati, fleksibel, murah ,  senyum, jujur, story teller, argumentatif, suka memotivasi, serius tapi santai, karismatik, understanding, humanis, kebapakan/keibuan, suka membantu, berakhlaq baik, cerdas, berkepribadian kuat, hangat, tegas, disiplin, gaul, tepat waktu, suka diajak sharing dan penyayang.
 

Apakah kita bisa memenuhi kriteria sebanyak itu? apakah itu terlalu banyak ?? mampukah kita memenuhi kriteria sebagai guru ideal, permasalahannya bukan karena kita tidak mampu, namun tidak mau. Bukan karena tidak bisa tapi tidak mau bisa. Menjadi guru ideal memang tidak semudah membalikan telapak tangan namun kita bisa jika kita mau, saya percaya kita akan menjadi sosok tersebut.

Saya pun sedang berusaha menuju ke sana. tak terlalu muluk-muluk menetapkan target tersebut dalam waktu satu atau dua bulan. Saya percaya segala sesuatu itu berproses melalui tahapannya masing-masing. dalam kenyataanya peran itu silih berganti. Terkadang saya menjadi sosok yang mendekati ideal, di waktu lain saya malah bertindak jauh dari kata ideal.

Cita-citaku hanya memelihara tunas bangsa, mendidik mereka menjadi pohon-pohon besar  dengan akar yang menghujam ke tanah, batang yang kuat diterpa angin, daun yang rindang menyejukan dan buah yang manis. Mereka layak memperoleh masa depan yang lebih  baik. Semoga kita bisa meraih predikat guru ideal🙂