R. Khullarl, V. K.Varshneyl*, S. Naithani, P. L. Sonil

Pencangkokan atau okulasi kopolimerisasi dari selulosa adalah proses penggabungan polimer sintetik dengan selulosa, untuk menghasilkan materi yang memiliki sifat-sifat terbaik dari kedua senyawa tersebut, seperti:

  • Karakter hidrofilik dan hidrofibik
  • Memperbaiki keelastisitasnya
  • Penyerapan air, dan
  • Kemampuan pertukaran ion dan tahan terhadap panas

Bahan yang digunakan dalam proses okulasi ini adalah bambu (Dendrocalamus strictus), Ceric Ammonium Nitrate (CAN), asam nitrat, toluena, dan dimetil formamide tanpa pemurnian. Tahapan pemurnian akrilonitril pada selulosa yang terdapat di dalam bambu dilakukan dengan cara mengekstrasi selulosa dengan larutan natrium hidroksida 7% kemudian dicuci dan dibilas air destilata beberapa kali, dikeringkan di atas anhydrous kalsium klorida dan beri air destilata kembali. Tahap okulasi dilakukan dengan merendam 1 gr selulosa dalam 30 ml larutan CAN (0,01-0,02 M) selama 0,5-2 jam, kemudian tambahkan campuran larutan toluena 20 ml dan akrilonitril 12,3-30,7 mol/agu, aduk dengan pengaduk magnetik, lalu bersihkan dengan air destilata dan methanol kemudian disaring, keringkan ke dalam oven dengan suhu 50°C selama 4 hari, ekstrak dengan dimethyl formahide selama 48 jam, lalu hitung persentase hasil okulasi (%G) dan efiesiensi persen okulasi (%GE).

Hasil yang diperoleh dari proses okulasi, penggunaan toluena pada proses okulasi akrilonitril dengan kapas selulosa memberikan kualitas okulasi yang tinggi dan penggunaan toluena menghambat difusi CAN pada serat, dengan demikian mengurangi pembentukan homopolimer dan dalam larutan serta meningkatkan ketersediaan akrilonitril. Hubungan antara waktu dengan %G dan %GE adalah peningkatan %G dan %GE yang drastis dalam waktu satu jam. Hubungan antara temperature dengan %G dan %GE adalah persentase hasil okulasi maksimum (174,8%) pada saat temperaturnya sebesar 40°C setelah itu pelahan cenderung menurun dan hubungan antara waktu polimerisasi terhadap %G dan %GE yaitu nilai persentase hasil okulasi akan naik drastis dalam kurun waktu 4 jam dan akan terus naik.

Syarat-syarat untuk mengokulasi akrilonitril pada materi selulosa agar mendapat hasil yang optimal:

  • Butuh Waktu 1 jam untuk memasukkan selulosa ke dalam larutan Ceric Ammonium Nitrate.
  • Konsentrasi larutan CAN yaitu 0,02M.
  • Konsentrasi akrilonitril 24,6 mol / agu.
  • Dengan temperatur 40oC dan waktu polimerisasinya selama 4jam.
  • Sampel optimal %G sebesar 210.3 % dan % GE sebesar 97%.

Oleh:

Dita Amilya E24100048 Arif Rahmatullah  E24100062 Helga  Dara Dwin Kharisma E24100092 Siti Maryam Subandi E24100094.