Data yang akan dianalisis disebut dengan SAS data set. Cara yang dapat kita lakukan untuk membuat data set baru yaitu dengan menuliskan data pada program editor. Perintah yang digunakan untuk membuat data dengan cara ini adalah sebagai berikut :

Data
Input ….;
Datalines;

Run;

Sebagai contoh apabila kita membuat data ukurantanaman yang terdiri dari empat kolom yaitu nama tanman, tinggi (dalam cm), bobot (dalam gram), warna buah (1 untuk hijau dan 2 untuk merah), maka perintah dapat diberikan antara lain ditampilkan pada gambar 1.
SAS1

Dari penulisan data pada editor di atas ada beberapa yang harus diperhatikan :
1. Satu buah pernyataan selalu diakhiri dengan tanda titik koma;
2. Nama data atau variabel selalu diawali dengan karakter berupa abjad atau garis bawah, karakter keduadan seterusnya dapat berupa abjad, angka atau garis bawah.
3. Ada empat variabel pada data ukuran tanaman yaitu namatan, tinggitan, bobot dan warna. Nama variabel tersebut harus disebutkan pada pernyataan input.
4. Perhatikan bahwa setelah variabel namatan terdapat karakter $ yang menunjukan bahwa peubah ini bertipe string atau teks, sedangkan variabel lainnya tidak diikuti tanda $ yang berarti variabel bertipe numerik/angka.
5. Baris nilai data muncul setelah kata cards
6. Tidak ada tanda titik koma pada setiap baris data, tanda ini hanya diperlukan pada baris terakhir data.

Program di atas dapat dijalankan dengan menekan tombol submit pada toolbar atau dengan menekan tombol F8 pada keyboard. Pada jendela Log akaSAS2n terlihat laporan bahwa sebuah data set baru telah dihasilkan.

 

Untuk melihat isi dari data tersebut dapat menggunakan Proc print yang outputnya berupa cetakan semua isi data pada file tertentu pada jendela output dengan perintah.

Proc print data=ukurantanaman;

Run;

SAS3

Cara lain yang dapat digunakan adalah klik ganda pada icon libraries, cari dan klik ganda pada icon librari work, cari dan klik ganda pada icon data ukurantanaman.

SAS4

Sementara itu apabila kita ingin melihat nama-nama variabel dan informasi lain kita dapat menggunakan proc contents. Mengetahui nama variabel ini penting karena nama tersebut harus kita sebutkan dalam banyak perintah berikutnya.

Proc contents data=ukurantanaman;

Runs;