Sebuah kebanggaan tersendiri untuk setiap peneliti apabila ia berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya, baik melalui penerbitan jurnal ilmiah maupun melalui seminar hasil penelitian. Hal ini karena dalam sebuah penelitian terdapat banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil manfaatnya, baik secara akademis maupun non akademis. Dalam hal ini kita bisa belajar baik dari penelitian yang telah dilakukan maupun oleh orang lain (knowledge sharing). Penelitian akan usang apabila ia hanya memenuhi rak-rak buku atau meja kantor, ia kan jadi santapan kutu atau rayap. Dengan mempublikasikan hasil penelitian kita baik melalui jurnal ataupun seminar, apa yang telah dilakukan oleh seorang peneliti dapat terpublish di masyarakat, pelaku usaha pemerintah dan tentunya sesama peneliti.

Tahun 2014 seluruh stakeholder yang tergabung dalam Perhimpunan Hortikultura Indonesia  (PERHORTI) mengadakan seminar nasional dengan tema ” Peningkatan Daya saing produk Hortikultura Nusantara dalam Menghadapi Era Pasar Global”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 5-6 November 2014 di Universitas Brawijaya (UB) Malang Jawa Timur.

Sebagai seorang mahasiswa dari dulu rasanya ingin sekali menghadiri event-event sejenis itu. Atas dorongan dari dosen pembimbing, pada kesempatan ini saya mencoba mengirimkan tulisan dari sebagian penelitian yang telah saya lakukan beberapa bulan ini. Saya mengirimkan dua buah abstrak penelitian, pertama untuk diikutkan dalam presentasi poster, kedua presentasi dalam sajian makalah oral. Hal itu saya lakukan agar kesempatan saya untuk menghadiri acara tersebut semakin terbuka lebar. Alhamdulillah berkat dukungan dari dosen pembimbing yang telah memberikan saran dan perbaikan tulisan saya, pihak panitia mengizinkan saya menjadi pemakalah oral pada acara tersebut.

Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Malang, I am comingg…🙂

Malang