Sejenak disibukan dengan aktivitas seminar, saya mencoba beberapa makanan khas jawa timur yang ada di kota Malang. Walaupun tidak banyak namun alhamdulillah menjawab rasa penasaran saya terhadap kekayaan kuliner di kota Malang. Pertama, saya mencoba tahu campur, masakan asal Jawa timur ini terdiri dari potongan tahu, taoge, mi, dan daun selada, dan di siram dengan kuah kikil lalu diberi irisan perkedel singkong, taburan bawang merah goreng dan sambal. Jika suka rasa yang lebih pedas cabai dalam sambal boleh ditambah. ada satu lagi yang khas yaitu bumbu petis yang menambah rasa dan aroma.

IMG_3317 IMG_3318

Kedua, nasi pecel. begitu menyantap nasi pecel aroma kencur, gula merah, cabai, daun jeruk, dan kacang melebur dalam bumbu pecel. Konon katanya racikan sayuran rebus dan lauk yang biasa ditempatkan di atas tampah bambu ini berbeda, dari kota Jawa Timur yang satu ke yang lain. Namun, potongan kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, daun kemangi, dengan siraman bumbu kacang adalah perpaduan yang paling umum. Rempeyek, sejenis kerupuk tipis dari tepung dengan taburan kacang atau teri dan daun jeruk cincang ikut mendampingi. Hal nunik selanjutnya adalah nasi pecel biasa dihidangkan dengan daun pisang dibentuk kerucut yang disebut pincuk. Aneka lauk yang biasa ditawarkan sebagai pelengkap adalah tempe dan tahu goreng, telur asin, hati ampela, perkedel jagung, sampai empal dan paru. Harga sepiring nasi pecel biasanya sesuai dengan jenis dan banyaknya lauk yang disantap.

IMG_3222 IMG_3223

Ketiga nasi bhuk, makanan yang terdiri dari nasi putih  disajikan hangat dengan pilihan sayur nangka atau rebung, pilihan lauk seperti ayam goreng, empal daging dan macam-macam jerohan sapi seperti babat, jantung, limpa, paru dan lain-lain. Tidak hanya itu, nasi campur ini juga dilengkapi dengan tauge, serundeng (parutan kelapa yang di goreng garing dengan cita rasa gurih manis), dendeng sapi, kerupuk paru, dendeng kelapa (semacam dendeng yang terbuat dari kelapa) dan mendol (gorengan yang terbuat dari olahan tempe). Tidak lupa sesendok sambal pedas yang khas menemani menu ini.

IMG_3526 IMG_3529 IMG_3530-001 IMG_3533

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi teman-teman yang kebetulan sedang berkunjung ke kota malang silahkan menikmati menu makanan yang saya coba, supaya tidak penasaran🙂 . Sebenarnya masih banyak makanan khas Jawa Timur yang ingin saya coba selain menu di atas namun berhubung waktu yang sangat sempit maka jenis makanan lain yang menjadi target dengan terpaksa harus saya simpan dulu. Mudah-mudahan ada kesempatan kembali berkunjung ke kota ini. Amiin

IMG_3227
Terima kasih kepada Mas Chaerul dan keluarga yang telah menemani saya menikmati wisata kuliner di Malang.