Pada tanggal 5-7 November 2014 saya berada di kota Malang untuk menghadiri Seminar Nasional Perhimpunan Hortikultura Indonesia 2014 (PERHORTI 2014) tepatnya di Universitas Brawijaya (UB). Saya belum pernah berkunjung ke kampus UB sebelumnya selama ini hanya mendengar saja nama besar kampus itu.

Menurut saya kampus UB berada di kawasan pendidikan, sebab banyak kampus perguruan tinggi saling bersebelahan di sekitar sini. Salah satunya adalah Universitas Negeri Malang (Unema), kampus Universitas Merdeka (Unmer), Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan kampus Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang). Tidak jauh terdapat kampus Universitas Islam Malang (Unisma). Bergeser sedikit ke kota Batu terdapat kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bangunannya sangat megah.

Sudah bukan rahasia lagi Kota Malang memang dikenal sebagai kota pendidikan selain Yogyakarta, sebab di kota ini terdapat banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi mulai dari akademi hingga universitas. Padahal Malang bukan ibukota Provinsi Jawa Timur namun memiliki banyak lembaga pendidikan dan secara fisik dan penampilan kampus-kampus PT di Malang luas dan megah, berbeda jauh dengan kampus PT di jawa Barat.Kampus UB lumayan luas, saya pun belum sempat mengelilingi seluruh kawasan di kampus ini.  Semua fakultas terpusat di kampus ini. Kampus UB terletak antara Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Veteran. Jika kita ingin masuk tersedia dua buah pintu masuk, yaitu pintu utara-selatan. Gaya khas kerajaan sangat saya rasakan di kampus ini. Walaupun beberapa bangunan dibangun dengan gaya modern namun beberapa patung dewa Wisnu masih bisa kita lihat khususnya di sekitar Rektorat.

 

IMG_3319
Pintu Masuk Kampus UN sebelah selatan.
IMG_3321
pagar bergaya khas kerajaan hindu menjadi daya tarik tersendiri
IMG_3324
beberapa tanaman pakis nampak mendominasi di beberapa bagian.
IMG_3326
Terdapat bundaran yang di tengahnya terdapat tugu yang khas menjulang tinggi.
IMG_3331
Banyak gedung yang sedang diperbaiki atau diperluas.

hal yang menarik lain yang saya temui di UB adalah terpeliharanya sarana dan prasarana publik, sehingga mahasiswa merasa nyaman untuk hanya duduk duduk atau mengerjakan tugas. Bangunan maupun taman terpelihara dengan baik.

IMG_3333
Tanaman jenis krey payung mendominasi di beberapa tempat. Selain kuat pohon tersebut cocok untuk bernaung di saat hujan maupun panas.
IMG_3335
Taman sebagai fasilitas publik banyak digunakan mahasiswa untuk hanya sekedar duduk atau diskusi.
IMG_3345
Gedung rektorat universitas UB

Kampus UB terbilang resik, jarang sekali saya melihat sampah yang berserakan. kebetulan musim hujan belum datang, bunga-bunga tetap bermekaran dengan indah. Ada salah satu bunga yang berwarna kuning sedang banyak mekar di Kota Malang. Yang berbunga ketika musim kemarau panjang datang sehingga seluruh daunnya gugur. Hanya bunga yang menempel pada dahannya.   IMG_3349