Sebagai seorang anak, kehadiran orang tua adalah sesuatu yang amat berharga. Mereka memberikan segalanya termasuk kasih sayang maupun kebutuhan materi. Tangannya selalu terbuka lebar saat kita membutuhkan pelukan hangat, siap mendengarkan apapun baik itu keluh kesah maupun berita gembira. Doanya selalu mengalir sepanjang nafas hidupnya… sungguh besar kasih sayang mereka kepada kita.

Kita sebagai seorang anak tentunya tahu akan pengorbanan orang tua. Baik apa yang kita rasakan sebagai seorang anak (walaupun tak jarang kita sering melupakannya), dari bahan bacaan yang kita baca, maupun ceramah atau nasihat ustad/guru saat mennyampaikan ceramah/sekolah. Sebenarnya pemahaman terhadap kasih sayang orang tua akan lebih lengkap lagi apabila kita sudah menjadi orang tua, khususnya saat anak kita masih kecil. Kita baru benar-benar menyadari mengapa dulu saat di madrasah kita diajarkan oleh guru-guru kita doa kepada orang tua yang berbunyi :

doa-sesudah-sholat-1
sumber : http://carapedia.com

Kasih sayang orang tua bahkan sudah hadir saat bayi belum terlahir ke dunia. Ayah dan bunda memberikan makanan terbaik, yang halal dan bergizi, dinantikan kehadiran buah hati saat sudah kehamilan sang ibu mendekati 9 bulan. Begitu pun setelah lahir ke dunia, tangisannya menghadirkan kebahagiaan yang tak terkira di tengah-tengah keluarga. Dijaga siang dan malam, tak peduli besok bekerja lembur, bisa jadi masuk kerja dengan mata terkantuk-kantuk. Panik rasanya saat anak sakit walau badan hanya sedikit panas, gusar saat perkembangan terganggu. Anak dibimbing hingga ia bisa melakukan apapun sendiri dan mandiri, menjadi manusia “paripurna”: diajarkannya bagaimana berjalan, makan, berpakaian, memakai sepatu bahkan maaf, buang hajat. Itulah kasih sayang orang tua saat anak masih kecil..dan kita berharap Allah SWT memberikan kasinh sayangNya sebagaimana mereka menyayangi kita di waktu kecil.

Berbakti kepada kedua orang tua, adalah kewajiban bagi seorang anak. Dengan berbuat baik, jujur, lembut, taat, tidak durhaka serta berahlak terpuji kepada mereka baik dengan perkataan dan perbuatan; baik ketika masih hidup atau setelah mereka meninggal dunia.

Kita sebagai seorang muslim diajarkan untuk selalu bernbakti kepada keduanya melalui firman Allah SWT QS. Al Isro:23.

17_23“ Dan Rabbmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Berbuat baik kepada orang tua ditempatkan pada urutan ke dua setelah penyembahan terhadap Allah SWT, hal itu menunjukan bahwa Islam menempatkan perbuatan baik terhadap orang tua sebagai amalan mulia. Islam adalah ajaran yang indah, penuh dengan cinta dan kasih sayang.

Yuk sampaikan Senyum, Salam dan Sapa kepada  Kedua Orang Tua Kita🙂

Wallahualam.