IMG_7695
International Symposium on Innovative Bio-Production Indonesia

Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI mengadakan Simposium selama tiga hari pada tanggal 16-18 September 2015, bertempat di IPB International Convention Center, Botani Square 2nd floor, Jl. Pajajaran 22, Bogor. Tema yang diusung adalah “Biotechnology – Innovative Bioproduction Indonesia“. Simposium ini dihadiri oleh para peneliti, akademisi, pakar industri dan para stakeholder dari beberapa negara yang hadir untuk saling berbagi dan berdiskusi mengenai kemajuan dan perkembangan bioteknologi di berbagai bidang. Saya berkesempatan hadir pada acara tersebut sangat terinspirasi dengan peranan bioteknologi dalam mencari  solusi dan menjawab permasalahan dasar seperti ketersediaan dan ketahanan pangan, obat-obatan dan lingkungan.

Ada sejumlah topik yang diangkat dan dibahas dalam simposium tersebut dan dibagi menjadi 3 hari pelaksanaan simposium diantaranya adalah :

Ketahanan pangan, meliputi topik penelitian di bidang bioteknologi tanaman dan hewan (ternak), termasuk juga aplikasi teknik genetika molekuler untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tanaman pangan dan mengurangi akibat negatif dari cekaman biotik dan abiotik, pengembangan pupuk alami (biofertilizer), pemanfaatan genetika molekuler dan biologi reproduksi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hewan ternak, aplikasi bioteknologi dalam penelitian pakan dan produksinya, penelitian bidang nutrigenomik, pengembangan pangan fungsional, aplikasi bioteknologi untuk meningkatkan kualitas nutrisi, rasa, tekstur dan penampilan makanan, keamanan pangan, serta toksikologi dan mikrobiologi pangan.

IMG_7779
Salah satu peranan bioteknologi dalam kegiatan crops inprovement.

Hal yang menarik disampaikan oleh Kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Dr. Bambang Sunarko, terkait dengan permasalahan ketahanan pangan. Beliau mengungkapkan bahwa permasalahan tersebut tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak tertentu saja. “Kita memerlukan wadah lintas sektoral yang menggabungkan peneliti, akademisi, dan kalangan industri bioteknologi untuk mencari pemecahan bersama”. Di artikel saya sebelumnya yang berjudul HARI PANGAN SEDUNIA : Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku sedikit diulas peranan petani dalam menghadapi ketahanan pangan nasional, hal itu menunjukan bahwa sebenarnya kita sudah sepakat bahwa harus ada sinergitas antara berbagai stakeholder bangsa ini dalam menghadapi tantangan ke depan.

Biorefinery, meliputi topik penelitian terkait pemanfaatan biomasssa dan mikroba terpilih guna memproduksi energi terbarukan, produk kimia dan solusi permasalahan lingkungan hidup, serta studi kelayakan usaha hasil penelitian di Indonesia. Isu fundamental yang dibangun adalah masalah keterbatasan bahan baku obat. Pengembangan penelitian biomedis berdasarkan penggunaan sumber daya dan keanekaragaman hayati dan keanekaragaman serta teknologi DNA rekombinan untuk bioindustri menjadi harapan agar bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan obat. Sayangnya di tema ke dua ini saya berhalangan hadir karena harus mengikuti kegiatan di kampus.

Penemuan Obat Baru berbasis Bioresources, meliputi topik penelitian seputar pengembangan vaksin dan obat-obatan baru, kosmetika, aplikasi kultur sel dalam penelitian kesehatan dan farmasi, terapi dan diagnostik, nutrasetika dan juga kimia bahan alam. Tema ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya adalah Ibu Dr. Neni Nurainy, Divisi Penelitian dan Pengembangan PT Biofarma. Beliau menjelaskan kemajuan yang diperoleh atas penelitiannya membangun vaksin TBC di Indonesia. IMG_7799-001Semoga pada akhirnya penelitian-penelitian hebat tersebut dapat membumi, memberikan manfaat yang besar, digunakan untuk membuka ruang-ruang ilmu yang belum terbuka, dan dinikmati untuk kemaslahatan umat manusia, bukan hanya sekedar lembaran jurnal ataupun laporan penelitian. Wallahualam

Foto kegiatan lainnya :

IMG_7785
Pembicara hari pertama
IMG_7791
Pembicara hari ke -3
IMG_7719
Pemanfaatan bakteri Bacillus turingensis pada crops improvement
IMG_7773
Transformasi genetik pada tanaman padi Rojolele

.