Awal tahun 2016 merupakan awal yang sangat menegangkan buat saya. Tepatnya tanggal 4 Januari yang lalu alhamdulillah saya melaksanakan sidang ujian tesis dan alhamdulillah berhasil lulus ujian tesis program Pascasarjana IPB. Yang menjadi dosen penguji/pembimbing saat itu adalah Dr. Nurul Khumaida, Dr. Sintho Wahyuning Ardie dan penguji luar komisi Dr. Ani Kurniawati. Turut hadir pula Dr. Yudiwanti Wahyu E.K MS sebagai perwakilan program studi. Sidang berlangsung kurang lebih 2 jam dimulai sejak pukul 9 hingga pukul 12 siang. Sungguh prosesi yang cukup singkat namun menguras hampir seluruh tenaga dan fikiran.

FB_IMG_1452306082970[1]

Saya mempresentasikan hasil penelitian saya yang berjudul “Karakterisasi Beberapa Aksesi Temu Ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) dan Perbanyakan secara In vitro. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda pertama kegiatan koleksi yang dilakukan di Kebun Percobaan Sukamantri, sebuah kebun percobaan yang berada di bawah kaki gunung salak Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor.

Tempat kedua adalah Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman 3 Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB. Di laboratorium ini dilakukan percobaan multiplikasi in vitro aksesi temu hitam dengan berbagai perlakuan media kultur jaringan.

IMG_20160104_133227
Kebersamaan di lab kultur jaringan 3

Kesabaran adalah kunci kesuksesan. Kedua kegiatan di dua tempat yang berbeda membuat seluruh sumberdaya terkuras. Saat seluruh sumber daya tersebut habis kesabaranlah energi terakhir untuk terus bersemangat melakukan semua aktifitas.

Semoga Allah SWT memberikan keberkahan atas apa yang telah dicapai. Ilmu yang telah ditimba kurang lebih 2 tahun lamanya semoga dapat memberikan kemanfaatan untuk sesama. Saya percaya bahwa ilmu dan harta yang kita peroleh adalah amanah yang mana ada hak orang lain di dalamnya. Sukses menghadapi tahun2016. Sukses untuk kita semua. Salam SuksesBelajar