THE ADIOKE CENTER

can't be created without unlimited imagination

Recycled Paper

Kertas daur ulang merupakan suatu bentuk kreatifitas yang dilakukan  dengan memanfaatkan kertas bekas pakai. Prosesnya adalah mengubah kertas menjadi pulp (bubur kertas) untuk dijadikan kertas kembali melalui proses pencetakan. Bahan dan alat yang digunakan cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat kertas adalah

alat yang dipersiapkan adalah ember, setrika listrik, blender wadah kecil (baskom), screen dengan bingkai, dan meja kecil (bisa apa saja yang penting memiliki permukaan yang rata)  :

Proses pembuatan :

1. Kertas bekas dirobek dan dimasukan ke alam ember. Sebaiknya dipisahkan antara kertas polos, dengan kertas koran atau kertas bertinta. Rendam dengan menggunakan air bersih selama sehari. Bisa juga  menggunakan air panas untuk mempercepat proses pemisahan serat.

2. Blender kertas hingga kertas menjadi bubur dan masukan ke dalam wadah/baskom. Tambahkan air ke dalam baskom. Perbandingan antara air dengan bubur kertas bisa diatur sesuai dengan tingkat ketebalan kertas yang diinginkan.

3. Masukan screen ke dalam baskom angkat perlahan, biarkan air di dalam screen surut kemudian tempelkan di atas papan yang telah dialasi kain. Angkat screen empelkan kain basah di atasnya  dan tambahkan papan. Biarkan hingga air susut dan jemur di bawah sinar matahari.

4. Untuk merapihkan kertas gunakan setrika listrik. Kertas daur ulang pun siap digunakan….

Selamat Mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: