Menyajikan data : Boxplot

Mempelajari karakteristik dan distribusi data dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Salah satu diantaranya adalah melalui penggunaan box plot. Box plot atau boxplot (diagram box-and-whisker) merupakan suatu kotak berbentuk bujur sangkar. Melalui penggunaan boxplot kita dapat mendeskripsikan data numeris melalui grafik dalam beberapa ukuran yaitu  yaitu: nilai observasi terkecil, kuartil terendah atau kuartil pertama (Q1), median (Q2) atau nilai pertengahan, kuartil tertinggi atau kuartil ketiga (Q3), dan nilai observasi terbesar. Selain itu, dalam boxplot juga ditunjukkan, jika ada, nilai outlier dari data yang telah kita observasi. Nilai outlier biasanya dicari sebagai langkah awal untuk melihat kenormalan data yang kita miliki.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membuat boxplot dengan menggunakan program R dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Download file berikut: Data suku tanaman dan tinggi, kemudian dengan menggunakan Microsoft excel, ubah data tersebut ke format *.csv seperti yang telah dijelaskan pada tutorial sebelumnya. 
  2. Tahap selanjutnya silahkan buka RStudio dan masukkan data tersebut. Aabila saudara belum mengetahui cara memasukkan data di RStudio, saudara dapat       mempelajarinya di materi Cara Input Data Pada Rstudio.
  3. Apabila data sudah berhasil masuk ke dalam sistem, tampilan data tersebut akan terlihat di jendela View Files and Data seperti di bawah ini.Slide5
  4. Tulis kode berikut: names(Data1) pada jendela console untuk melihat daftar nama variable dalam data tersebut,  kemudian tulis kode berikut: attach(Data1) agar data tersebut dapat dikenali oleh RStudio.
  5. Tulis kode berikut boxplot(Tinggi..cm~Suku) kemudian tekan enter. Boxplot akan muncul pada jendela See Files, Plots, Packages, and Help. Jika saudara ingin menyimpan image dari boxplot tersebut, klik export > save as image pada jendela See Files, Plots, Packages, and Help. Saudara dapat mengganti format image tersebut ke dalam berbgai format seperti PNG, JPG dan BMP. Selamat Mencoba. 🙂

Slide6

Leave a comment